Thursday, July 10, 2008

Worth it gak sih beli charger matahari?

Jawaban saya adalah Tergantung dari segi mana kita
menghitung?
Baru-baru ini ada produk charger matahari dari
produsen handphoneberupa charger yang dapat
mengcharge handphone kita dengan menggunakan tenaga
matahari. Harganya berkisar ratusan ribu rupiah.

Selain menghitung dari segi keunggulan dapat
digunakan dimana saja, bukan saat apa aja (karena
membutuhkan sinar matahari tentunya). Saya ingin
mencoba melakukan simulasi perhitungan dengan
membandingkan biaya menggunakan charger matahari
dengan menggunakan listrik PLN.

1. Berapa tarif dasar listrik sekarang?
Dari kisaran 450 rupiah sampai 600 rupiah. Kita ambil
jalan tengah 500 rupiah per kwh.

2. Berapa konsumsi listrik dari charger kita sewaktu
mengisi baterai handphone sampai full?
Kita menghitung berdasarkan outputnya yah:
a. Voltase = 5 volt
b. ampere = 890 mA.
Anggap kita charging 1,5 jam.
Daya Watt = 5 Volt * 890 mA = 4,5 watt / jam.
Power faktor (inefesiensi charger karena panas, dll.)
= 60% deh.
Jadi Daya watt = 4,5 watt / jam * 1,5 jam * 100/60 =
11,25 watt.

3. Penghitungan harga listrik sekali charge
menggunakan PLN:
11,25 watt = 0,01125 kWH
0,01125 kWh x 500 = 5.625 Rupiah!

Wah sungguh murah sekali yah?
Kalo dua hari kita charge sekali berarti dalam
setahun kita hanya 5.625 x 150 = 843.75 rupiah.

Sungguh beruntung kita PLN masih memberikan harga
listrik yang murah. (Ayo menghemat hehehee).
Gak percaya?
Simulasi listrik AC Deh
Satu jam, AC 1 PK = 1000 watt / hour
Kali tarif listrik PLN = 1000 watt / hour x 500
rupiah watt hour = 500 rupiah.
Kalo sehari 8 jam = 4000 rupiah.
Dalam sebulan = 120 ribu rupiah. Memang benar kan?

Jadi? Kalo memang tinggal di pedalaman mungkin worth
it dan jika memang menjadi cadangan (cadangan memang
pasti mahal sich) yah wajar lah kalo mau investasi
membeli charger matahari ini. hehehe. Mungkin tunggu
harganya menjadi 50 rebu rupiah mungkin menjadi lebih
worth it.

Saran lain? Jika memang dibutuhkan untuk keadaan
terdesak misalnya saat banjir. Kita dapat menggunakan
charger baterai yang harganya hanya puluhan ribu
rupiah. Plus menyediakan baterai AA satu buah untuk
mencharge handphone kita. Kekurangan? Toh BTS atau
pemancar sinyal handphone juga banyak yang tumbang
karena gak disuplai listrik juga beberapa hari.
Hehehe.


Salam buat semua.

2 comments:

Unknown said...

Wah,,postingan yang sangat berguna!
Lagi kP nih,,dapet proyek ttg energy saving..

Makasi ya!!!

sporttoto4d@gmail.com said...

DARI PAK SUNANG Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui AKI DARMO saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan AKI DARMO,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan AKI DARMO yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti, AKI DARMO juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penglaris jualang silahkan hubungi AKI DARMO di 082-310-142-255 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya –ATAU KTIK ALAMAT BLOG AKI -http://pendidikan-merangin.blogspot.com