Thursday, November 15, 2007

Mencoba Linksys Firewall/Router BEFSX41

Untuk mendapatkan koneksi internet melalui jaringan LAN salah satunya adalah kita harus mempersiapkan sebuah Router yang akan mengkoneksikan jaringan internal kita ke dunia luar bisa menggunakan Router yang sudah jadih maupun kita mengconfigurasikan server yang berbasis Linux/Windows, kali ini saya ingin membahas singkat tentang Router ini.

Sebelumnya dalam berkoneksi ke internet saya menggunakan Router yang berbasis Linux, router ini hanya sekedar menjadi NAT bagi internal network saya. Seperti biasanya internet berjalan tidak ada masalah, namun di kemudian hari sering sekali internet tidak berjalan stabil khususnya pada waktu malah hari ataupun mulai dari jam 6 sore. Hal ini menimbulkan pertanyaan, malah pernah Internet connection mati total tanpa diketahui penyebabnya (waktu itu saya mencoba untuk mencabut pasang kembali LAN card) ternyata untuk jaringan yang berkapasitas besar tidak bisa hanya mengandalkan LAN Card yang berharga Rp. 50.000,- dipasaran, karena setelah diketahui LAN Card ini tidak bertahan lama untuk dapat memenuhi permintaan jaringan.

Nah kasus berlanjut pada matinya koneksi internet pas jam 6 malam keatas setelah dilakukan pengecekan dan mengganti dengan Router Linksys ini masalah tersebut hilang sama sekali sehingga dapat diperkirakan Linux Router saya mengalami masalah dan harus di reinstall ulang (sampai sekarang belum di install ulang =D).

Karena belum pernah mencoba untuk menggunakan Linksys Firewall/Router ini saya sangat takjub melihat fitur yang sudah tersedia didalamnya seperti:
1. DHCP Server.
2. LOG file keluar dan masuk.
3. DMZ Port.
4. Blocking IP Address beserta Portnya
5. FIrewall
6. VPN
7. Dynamic Routing
8. Forwarding
9. dan banyak fungsi lainnya.
Salah satu fungsi yang saya gunakan adalah DHCP sehingga client tidak perlu di set ulang IP Addressnya ketika dikoneksikan dengan jaringan khususnya Notebook. begitu juga dengan Forwarding sehingga saya dapat melakukan SSH melalui tempat lain masuk ke jaringan internal lainnya, begitu hebat alat ini :) .

Seterusnya sekarang jaringan kantor saya menggunakan alat ini dan mungkin suatu saat akan tersedia juga Firewall/router yang mampu membagi packet dengan kecepatan yang sama sehingga dapat mengurangi beban jaringan saat downloading.

No comments: