Thursday, November 15, 2007

Adding new User to admin the Printers.

Ketika komputer pengguna di dalam kantor digunakan menjadi tempat printer sharing. Hal ini cukup merepotkan. Suatu ketika saat server data di kantor digantikan ke mesin QNAP, maka ada beberapa client yang mengalami gangguan saat ingin melakukan execute suatu file di dalam share. Salah satunya adalah Ubuntu 6.06, maka saya memutuskan untuk mengupgradenya ke versi 7.10 Gutsy Gibbon.

Ternyata timbul permasalahan baru.. Memang lebih mudah untuk melakukan sharing printer karena sekarang sudah disediakan fasilitas GUI yang cukup mudah, tapi kendala-kendala mulai bermunculan seperti:
1. Ada client windows Xp yang tidak dapat print melalui Ubuntu 7.10
2. Printer dalam kurun waktu tertentu status nya berubah menjadi not "enabled"

Setelah melakukan pencarian keras bersama dengan Om Google akhirnya saya dapat menemukan cara untuk mengakalinya :).

Untuk yang pertama (1);
Saya mengakalinya dengan melakukan installasi kedua dengan port yang sama :), alhasil bisa client print. Aneh yah?

Untuk yang kedua (2):
Saya menjadikan user client menjadi user yang dapat melakukan administrasi terhadap Printer Config. Tapi lagi-lagi menjadi kendala karena user yang sudah saya buatkan access "administrate the system" masih saja tidak bisa melakukan konfigurasi ulang terhadap printer yang ada.
Ternyata hal tersebut dikarenakan User tetap tidak masuk ke Group "lpadmin"
Apa boleh buat saya lakukan edit /etc/group dan memasukkan user tersebut ke group Admin.

Yah setidaknya cukup untuk mengakalinya, karena saya tidak selalu ada di tempat, mungkin sampai saya dapat menemukan masalahnya.
Ada yang bisa bantu?

No comments: