Thursday, November 15, 2007

QNAP NAS TS-201 on Ubuntu Compatibility Issue!

QNAP Compatibility Problem.

To make data more safe, My Company decided to buy NAS which it’s portabel looks, durability, and power saving make choosing NAS is better than build File Server with ordinary Personal COmputer or Server COmputer. In this option I buy QNAP TS-201, It’s have mirroring option and support SMB, TCPIP, FTP, & Web File Browsing.

Melihat kemampuan support dari QNAp TS-201 satu ini membuat saya tidak lagi memikirkan masalah kompatibilitas dengan Linux yang saya gunakan ( Linux Debian Ubuntu ). QNAP TS-201 adalah sebuah NAS yang berbasiskan linux pula, ini bisa di check dengan melakukan telnet ke dalam NAS tersebut dan di dalam NAS QNAP TS-201 ini kita bisa melakukan perintah-perintah SSH / COmmand Prompt Linux namun dalam hal terbatas tentunya.

Setelah melakukan settingan awal seperti IP Address, UserName, Folder dll. Betapa terkejutnya saat mengetahui bahwa NAS QNAP-TS-201 ini tidak dapat dibuka dengan baik oleh UBUNTU jika melakukan mounting samba auto script seperti di bawah ini:

/usr/bin/smbmount //192.168.1.12/share ~/Desktop/stapublic -o credentials=/home/administrator/.smbcredentials

192.168.1.12 adalah IP address dari QNAP TS-201

Setelah melakukan mounting ini beberapa saat dibuka akan menyebabkan browser Nautilus yang digunakan untuk file browser akan mengalami hang dan setelah itu Desktop akan blank tidak bisa diakses sama sekali, hal ini dialami baik oleh ubuntu versi 6.10 ataupun Ubuntu versi 7.04, kadang walaupun sudah dilakukan restart Desktop tetap sama sekali tidak bisa diakses, hal ini mungkin disebabkan oleh karena adanya temporary session yang masih nyangkut di dalam system dan sampai sekarang saya menuliskan artikel ini saya belum dapat menemukan cara penyelesaianya :( .

16 Agustus 2007 : Masalah kompatibilitas sudah dapat diperbaiki dengan cara mounting SAMBA ke QNAP menggunakan fasilitas GUI yang tersedia di Ubuntu.

Berbagai cara sudah dilakukan baik dengan mengontak QNAP Service Center melalui chat di luar negeri, namun setelah mereka melakukan check langsung melalui telnet ke QNAP TS-201 ini tidak diketemukan hal yang ganjil.

Sebagai tambahan sebelumnya saya mengcopykan file dari FIle Server lama ke QNAP TS-201 ini menggunakan script rSync namun setelah mencoba juga mengcopykan melalui Nautilus juga sama saja.

Pengaksesan melalui ssh dan telnet, ftp, web browser tidak mengalami permasalahan alias berjalan dengan lancar.

Setelah melakukan percobaan akhirnya diketemukan bahwa untuk mounting melalui SAMBA harus dilakukan dengan cara manual melalui GUI yang tersedia di Linux Ubuntu ini, karena Nautilus akan berjalan lancar. Memang sulit untuk menemukan perangkat-perangkat Linux yang dapat berjalan stabil di Indonesia ini :( , kalo tidak salah QNAP sudah mengeluarkan yang versi TS-209 yang sudah support Linux alias sudah dipasangkan Logo Compatibilitas dengan Linux.

Intisari dari cerita ini adalah bagi yang belum membeli dan akan membeli QNAP TS-201 ini mungkin bisa dijadikan bahan referensi untuk masalah kompatibilitas. Bagi yang mengalami masalah mungkin bisa mencoba hal yang sudah saya sampaikan diatas. Thanx.

1 comment:

Anonymous said...

wah ada perubahan nih blog nya...