Sunday, November 28, 2010

Kepulauan Riau (Batam , Bintan ) Vacation...

Hello All,

Hari ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya selama berliburan di kepulauan Bintan dan Batam ( Kepri, Kepulauan Riau ) , saya berada disana sekitar bulan Agustus 2010 ini . Pertama saya ingin membahas mengenai Bintan terlebih dahulu :).

Pulau ini terletak di sebelah timur Batam ( sebelahan ), pulau ini lebih besar daripada batam bisa dilihat di peta dibawah ini :








Ongkos dari batam :
1. Pelabuhan Punggur ( Batam ) to Lagoi Rp. 103.000,- ( 30 Menit )
2. Pelabuhan Punggur ( Batam ) to Tanjung Uban Rp. 30.000,- ( 15 menit )
3. Pelabuhan Punggur ( Batam ) to Tanjung Pinang Rp. 40.000,- ( 50 Menit )
Tidak terlalu mahal dan lama bukan, hehe.

Untuk saat ini, bulan oktober kemarin telah dibuka penerbangan tambahan dari Jakarta ke Tanjung Pinang yaitu Batavia Air , dan sudah pasti murah tiketnya sekitar Rp. 400.000,-an.. gak kalah sama batam Rp. 350.000,-an..

Jadi kalo mau menuju Pulau Bintan ada dua cara melalui batam dan langsung ke bintan, kalo dari Batam :
1. Beli Tiket Pesawat Jakarta Batam : Rp. 350.000,- ( 1,5 Jam )
2. Tax Pesawat Rp. 40.000,-
3. Taxi Hang Nadim ( batam ) ke Pelabuhan Punggur : Rp. 65.000,- ( 15 Menit )
4. Fery ( sesuai pilihan diatas ).

Nah mengenai penginapan ada beberapa pilihan :
1. International Resort Lagoi.
2. Tanjung Uban.
3. Tanjung Pinang.

Info Jarak :
Lagoi > Tanjung Uban ( 35 KM )
Lagoi > Tanjung Pinang ( 65 KM )
Tanjung Uban > Tanjung Pinang ( 110 KM )
Lagoi tuh terletak di tengah2nya perjalanan Tanjung Uban dan Tanjung Pinang.

Nah terserah pilih yang mana, kalo di no. 2 dan no. 3 sudah pasti harganya murah, sementara kalo pilih di Lagoi. www.bintan-resorts.com mulai dari Rp. 800.000,- lah semalam..

Kendaraan yang tersedia ? Sudah pasti Mobil Sewa mulai dari Rp. 250.000,- sehari dan pom bensin di Bintan bisa di hitung pakai jari, jadi cek and ricek selalu tangki bensin anda . Sekedar Info kalo mau pesan mobil ( di Lagoi, Bintan ) bisa hubungi Ahok di No. 081-372-548288 ada juga sewa per jam Rp. 20.000,- 6 jam pertama selanjutnya Rp. 10.000,- :)

Lokasi pelisir yang ada di Bintan :
A. Pantai Nirwana di Lagoi. ( Biasanya tamu yang boleh masuk, tapi kalo anda bisa pintar bilang saja nginep di Nirwana ) hehe yang bingung ke Nirwana dari Arah Pos Masuk Utama lurus aja sampai persimpangan belok kiri, setelah itu persimpangan kedua belok kanan.

Dan masih banyak pantai-pantai yang lain ( tapi lebih ketat penjagaannya ) biasanya hanya tamu hotel tersebut yang bisa menikmati Pantai tersebut hotelnya pun banyak. Resortnya ada Bintan Lagon, Ria Bintan, dll. Hotelnya mahal-mahal disini, lebih lengkap liat websitenya aja.

B. Seafood Kelong
15 KM dari arah Tanjung Uban / Lagoi. Seafood ini lumayan lengkap dan fresh karena punya tempat penangkaran sendiri. Harganya lumayan mahal seperti Ikan mulai dari Rp. 150.000,-an , Siput Gong Gong ( Rp. 50.000 / KG ), dll.

C. Pantai Trikora 4
Terletak sekitar 35 KM dari Tanjung Pinang / 65 KM dari Tanjung Uban / 30 KM dari Lagoi, disini pantainya mempunyai garis pantai yang panjang dan indah. Fotonya bisa dilihat nih.




D. Potong Lembu
Letaknya di Batu 2 , Tanjung Pinang, tempat ini menurut gw merupakan surga makanan bagi gw.. khususnya maaf ( adanya babi ), tapi gak semua tempat menyediakannya jadi bagi yang muslim masih bisa menikmatinya. Tempat ini merupakan tempat dimana banyak tukang makanan mengelilingi sebuah lapangan dengan ditengah-tengah nya banyak meja makanan, ada sekitar 40 penjual sepertinya disini, sehingga pilihan makanan kita sangatlah beragam ( Siput Gong Gong , Sate Kambing, Sate Ba, Nasi Goreng, Kwetiauw, Ikan, Cumi, dll. )

Hm.. mungkin cuma 4 besar diatas yang bisa saya sebutkan lengkap karena saya pernah mengunjungi daerah tersebut.

Tempat lain yang mungkin bisa anda kunjungi yaitu :
1. Pulau Penyengat.
2. Air Terjun
3. Gunung Bintan
4. Pelabuhan Tanjung Pinang.

Itu saja kayaknya, sisanya disini cuma bagus pantainya.. apalagi pantai trikora benar-benar bagus sekali selain itu kalian yang berkunjung ke Kepri wajib memakan siput gong-gong hehe..
Siput ini khas dari Kepri dan sangat enak, biasanya dimasak rebus setelah itu tinggal dikeluarkan dan dicocol dengan cabai kacang. Gak mahal kok kalo di tanjung pinang biasanya dijual Rp. 20.000,- per Porsinya. Fotonya sbb :
Jangan jiji yah.. ini pas lagi hidup, kalo ud mateng enak kok hehehe...









::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: BATAM ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Saatnya kita berbicara Batam,

Disini ada beberapa objek wisata seperti :
1. Patung Dwi Kwan Im ( di Sekupang , 1 jam dari Nagoya )
2. Nagoya Hill tempat Wisata Barang-barang KW1 seperti Jam Tangan, Tas, Baju, dll. Manthap dah.. hehe.
3. Lucki Plaza surganya HP di Batam.
4. Costarina ( gak mahal biaya masuknya ) semacam tempat hiburan seperti ancol kecil lah.. hehe..
5. Jembatan Balerang ( tempat foto2 ) jembatannya menghubungkan antar pulau dibatam dan termasuk besar sekali jembatannya di Indonesia :).
6. Kampung Vietnam ( tempat pengungsian vietnam pada jaman dahulu , namun terkesan membosankan disini ).

Penginapan bisa nginap di sekitar Nagoya Hill Rp. 200.000,- semalam gak terlalu mahal, kalo nginep disin malamnya bisa keluyuran keluar keliling cari makanan2 enak hehe..

Yah kalo di batam keliling bisa menyewa mobil atau taksi, mobil bisa mulai Rp .250.000,- semalam, dan kalo disini isi bensin tidak terlalu susah karena sudah banyak pom bensinnya hehe..

Akhir kata, selamat menikmati di Batam dan Bintan ini ( Kepri ) untuk pulau lainnya belum sempat saya kunjungi.

Salam,

nAlpha.

2 comments:

Anonymous said...

Dear nalpha.
Saya riska dr bandung. Tgl 21 ini saya akan berkunjung ke bintan. Saya akan stay di lagoi tepatnya di lagoon resort yg sudah sy pesan dr sini.
Boleh sy minta info nya, kalau sy ingin mengelilingi lagoi itu hrs menggunakan kendaraan atau bisa dgn berjalan kaki? Jujur krn ini kali pertama sy akan ke bintan, jd msh kurang terbayang serti apa dsana hehe..
Terimakasih sbelumnya,
Salam.
Riska

Sporttoto 4d said...

DARI PAK SUNANG Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui AKI DARMO saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan AKI DARMO,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan AKI DARMO yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti, AKI DARMO juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penglaris jualang silahkan hubungi AKI DARMO di 082-310-142-255 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya –ATAU KTIK ALAMAT BLOG AKI -http://pendidikan-merangin.blogspot.com